Search This Blogger

Friday, December 16, 2011

FIREWALL

Firewall merupakan suatu sistem yang mengatur lalu-lintas jaringan, baik yang masuk ataupun keluar untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan, atau biasa disebut dinding pembatas jaringan.
Firewall juga merupakan sebuah komponen pembatas antara satu jaringan local dengan jaringan lainnya (publik)yang dapat diakses sehingga setiap data yang masuk dapat diidentifikasi dengan melakukan penyaringan sehingga data dapat dikendalikan untuk mencegah bahaya/ancaman seperti Trojan, virus dan semacamnya yang dating dari jaringan publik.

Macam-macam kegunaan dari firewall adalah:
  1. untuk mencegah atau mengendalikan data tertentu,
  2. untuk melindungi dengan menyaring kegiatan suatu segmen seperti workstasion, server, dan lainnya pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan ruang lingkupnya.
  3. Dapat mecegah upaya berbagai Trojan horses, virus , phishin, dan semacamnya untuk memasuki system yang dituju
  4. Memfilter dan mengaudit aliran yang melintasi batas antara jaringan luar maupun dalam.

Ada beberapa konfigurasi dari firewall
  1. Dual-homed host architecture
Dibuat disekitar computer yang memiliki paling sedikit dua interface jaringan. Dual –homed host dapat menyediakan service hanya dengan menyediakan proxy pada host tersebut.
  1. Screened host architecture
Arsitektur screen host menyediakan service dari sebuah host pada jaringan internal dengan menggunakan router yang terpisah.
  1. Screened subnet architecture
Dengan menambahkan sebuah jaringan perimeter yang mengalokasikan jaringan internal dengan jaringan internet.

Macam-macam firewall yaitu , Packet Filtering Router, Circuit Gateways, Aplication Gateways, Hybrid Firewalls. Di zaman teknologi yang sudah sangat canggih ini kita memerlukan suatu pengamanan yang terintegrasi untuk suatu data yang akan atau telah kita proses. Dengan aplikasi firewall kita dapat mengamankan data-data penting. Bagi suatu perusahaan aplikasi ini sangat berguna untuk melindungi suatu data yang sangat penting atau sangat rahasia. Salah satu aplikasi firewall yang dapat membantu kita untuk menjaga keamanan sitem jaringan kmputer adalah Proxy Service yang merupakan bagian dari Hybrid Firewalls.

Proxy merupakan sitem pengamanan yang memerelukan alamat IP yang jelas dan valid, karena server yang utama terdapat di internet. Proxy memberikan akses internet untuk satu buah host atau host yang dalam jumlah kecil dapat menyediakan akses untuk seluruh host kita. Pada proxy ini sangat mendukung arsitektur dari client atau server. Client atau server ini membentuk sebuah komponen-komponen dari software yang saling berinteraksi. Server juga harus mempunyai file server yang sangat besar dan selalu aktif dimana file-file yang terdapat pada server vakan digunakan oleh kmputer yang terhubung dalam Lokal Network Area (LAN). Pada proxy terdapat terdapat empat pendekatan yang sangat berperan penting, yaitu: 
  1.  
    1. Proxy-aware application software
Dengan pendekatan ini software harus mengetahui bagaimana untuk membuat kontak dengan proxy server daripada dengan server yang sebenarnya ketika user membuat suatu permintaan dan bagaimana memberitahukan proxy server, server asli yang mana yang harus dibuatkan koneksi.
  1.  
    1. Proxy-aware operating system software
Sistem operasi yang dijalankan untuk user sudah harus dimodifikasikan sehingga koneksi IP harus dikirimkankepada proxy server.
  1.  
    1. Proxy-aware user producer
Pengguna menggunakan software client yang tidak mengerti bagimana me-proxy, dimana untuk berkomunikasi ke server proxy dan memberitahukan proxy server untuk melakukan hubungan kepada server yang sebenarnya.
  1.  
    1. Proxy-aware router
Software yang client gunakan tidak dimodifikasi tapi router akan mengantisipasi koneksi dan melangsungkan ke proxy server yang diminta.
         Penggunaan Proxy Server dapat dijadikan solusi untuk melakukan screening dan blocking, dengan menggunakan proxy dapat menyaring paket-paket berdasarkan polic yang dibuat, misalnya berdasarkan alamat web tertentu. Blocking dengan proxy dapat dioptimalkan dengan menyaring alamat-alamat web yang mengandung kontent pornography, kekerasan, virus atau trojan, ilegal software dan sebagainya. Keberadaan suatu firewall sangat penting digunakan dalam suatu jaringan yang terkoneksi langsung ke internet atau yang lebih dikenal dengan jaringan public yang dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja. Sehingga peran firewall sangat berguna dalam suatu manajemen atau perusahaan karena sebagai pembatas yang mengatur dan mengendalikan akses yang dilakukan untuk mencegah ancaman-ancaman dari internet yang masuk ke jaringan lokal.
·  Delicious
·  Digg
·  Reddit

0 comments:

Post a Comment